7 Keutamaan Shalat Tahajjud (Qiyamul Lail)

Diposting oleh Anonim pada 09:24, 24-Jun-12

Di: Artikel Islam

Assalamu'alaikum.

Sobat MWB yang dirahmati Allah, shalat yang paling utama sesudah shalat fardhu adalah Qiyamul lail (shalat ditengah malam atau shalat tahajud). Qiyamul lail ini menawarkan banyak keutamaan bagi muslim atau muslimah yang melaksanakanya, berikut ini 7 diantara banyak keutamaan atau fadilah dari Qiyamul lail :

1. Qurbatun ilallah (mendekatkan diri kepada Allah. Ini merupakan nikmat terbesar apabila seorang hamba bisa dekat dengan Tuhannya karena dengan kedekatan ini ia bisa mengadu dan meminta serta memohon atas segala apa yang ia butuhkan sekaligus berharap atas segala persoalan yang ia hadapi mendapat pemecahan masalah.

2. Takfirun lissayyiati (menghapus dosa-dosa). Dengan shalat lail tidak hanya dosa kecil yang akan diampuni oleh Allah, tetapi juga bisa menjadi tameng bagi ahli tahajud supaya terhindar dari berbuat dosa, karena didalam shalat lail itu ada kekuatan yang akan selalu mendorong untuk melakukan kebaikan. Dan dengan berusaha menjauhkan diri dari dosa itulah, salah satu sebab atau jalan memperoleh kebahagiaan.

3. Muthridatun lilhasadi (menjauhkan sifat hasad atau dengki. Sifat hasad adalah salah satu sifat mazmumah yang harus dihindari karena bisa melahirkan dosa yang lebih berbahaya. Sifat ini juga akan membuat amal-amal kebaikan kita akan habis. Dengan shalat lail, maka kita akan jauh dari sifat hasad.

4. Kebiasaan orang-orang shalih dan calon penghuni surga. Allah berfirman : "Sungguh orang-orang yang bertakwa itu berada dalam taman-taman syurga dan di mata air - mata air, sambil mengambil apa yang diberikan oleh Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang berbuat kebaikan, (yakni) mereka sedikit sekali tidur di waktu malam, dan diakhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah).(Adz-Dzariyat : 15-18)

5. Akan terpelihara dari gangguan syetan, dan ia akan bangun dipagi hari dalam keadaan segar dan bersih jiwanya. Sebaliknya, yang meninggalkan shalat lail, ia akan bangun di pagi hari dalam keadaan jiwanya dililit kekalutan dan malas untuk beramal shalih.

6. Allah akan mengabulkan do'a orang yang berdo'a, memberi orang yang meminta, dan mengampuni dosa orang yang minta ampun kepada-Nya. Rasulullah bersabda : " Di waktu malam terdapat satu saat dimana Allah akan mengabulkan do'a setiap malam.(HR. Muslim)

7. Menjauhkan dari penyakit dan diberi wajah yang cerah bercahaya. Sudah tidak diragukan, orang yang bangun malam selain jiwanya tenang, juga akan menjauhkan penyakit dari badan kita. Al-Imam Al-Hasan Al-Bashri pernah ditanya : "Mengapa orang-orang yang suka bertahajjud itu wajahnya paling bercahaya dibanding lainya?" Beliau menjawab : "Karena mereka suka berduaan bersama Allah yang maha Rahman, maka Allah menyelimuti mereka dengan cahaya-Nya.

Pembaca yang budiman, inilah beberapa fadilah qiyamul lail. Sungguh akan merasakan keindahanya bagi orang yang memang hatinya telah diberi taufik oleh Allah. Mudah-mudahan kita semua termasuk diantara hamba-hambanya yang diberi keutamaan menunaikannya secara istiqamah. Amiin. Wassalamu'alaikum.

Sumber : Hammas Sorong

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

10 tanggapan untuk "7 Keutamaan Shalat Tahajjud (Qiyamul Lail)"

Dicky Perdana pada 15:23, 24-Jun-12

kunjungan siang nih.. mantab nice info sob.. biggrin

Asebful pada 17:57, 24-Jun-12

Sy sering bngun malam tp gk tau knp malezz bgt kalo mw shlt thajud .
Sm0ga kita dbri hidayah. . . Amin

Arie Wibowo pada 18:52, 24-Jun-12

Selamat sore brurr
Kunjungan pertama ni,,,
Ijin follow n keliling2 rumahnya ya smile
www.tobie182.com/laku-com-belanja-online-grosir-eceran-mu.xhtml

Asep Ahya Al'ansori pada 19:16, 24-Jun-12

suka agak takut bangun tengah malam

AccepteA pada 01:05, 27-Jun-12

mantap ni

http://14941b4d.qqc.co

WangTubu (Aplikasi,Thema,Game, Css,html,Otomotif, konstruksi boiler) pada 21:15, 27-Jun-12

Info yng bagus sob bermanfaat lnjutkan

Si KembarĀ² (Didy & Dody) pada 04:43, 30-Jun-12

@everyone : maaf ya baru sempat replies and kunbal... biggrin

muhamad irfan pada 16:18, 19-Jul-13

mudah''an bermanfa'att aminnn allahumma amminnn

Si Kembar pada 16:44, 20-Jul-13

@muhamad irfan,
aamiin..

Imas Dini Maulidini pada 10:36, 14-Okt-14

subhanalloh inspiratif banget, bacanya membuat hati tenang, makasih smile

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar